Anda Sudah Tau Apa Itu Mouse?

Mouse???  kalau ternyata mouse itu ternyata sebuah singkatan. hahahay. Pertama malah gua kira mouse itu tikus, sesuai terjemahan bahasa inggrisnya, hihihiih. Mungkin penemunya dapat ide setelah lihat tikus kali ya. Dari salah satu grup Facebook, aku baru tahu, kalau ternyata kepanjangan dari MOUSE itu adalah Manual Operated User Selected Equipment. Tapi setelah aku browser di Google untuk meyakinkan, ternyata ada kutipan yang meragukan soal betulkah mouse itu sebuah kepanjangan; berikut kutipannya :
Douglas Engelbart, pencipta teknologi mouse pada komputer meninggal dunia di California dalam usia yang ke-88, 2 Juli 2013 waktu setempat. Engelbart yang mendapat gelar Ph.D dari Universitas Berkeley mencetuskan ide untuk menciptakan sebuah alat penunjuk pada layar komputer di tahun 1964. Namun istilah 'mouse' sebagai alat penunjuk pada komputer sendiri bukan dicetuskan oleh Engelbart, melainkan oleh rekannya Bill. Dalam jurnalnya di tahun 1965 saat ia masih mengembangkan alat ini bersama Engelbart, ia mengklaim bahwa ‘mouse‘ adalah singkatan dari “Manually Operated User Selection Equipment“. Tidak ada bukti bahwa apakah memang benar ‘mouse‘ merupakan sebuah singkatan, namun secara perlahan istilah ‘mouse‘ mulai diterima dan dipakai oleh masyarakat hingga saat ini.

Jadi memang masih diragukan betulkah kata 'mouse' itu sebuah singkatan ? Enggak apalah, yang penting manfaatnya jelas sangat berguna untuk kemajuan teknologi di muka bumi ini.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Setup VB.Net Include Crystal Report

Cara Menghitung Jumlah Total Pada Kolom Yang Terdapat Di Datagridview

Kirim Peta, Catatan, dan Alarm dari PC ke Android dengan Google Search