Cara Mengetest Power Supply

Power Supply memang perangkat keras yang sangat penting untuk sebuah komputer. Power Supply sendiri memiliki fungsi mengatur arus listrik yang masuk dan mendistribusikannya kepada perangkat yang berjalan yang memerlukan sebuah tenaga atau power listrik. Power supply sendiri biasanya terletak di bagian atas didalam casing CPU. Power supply juga sering mengalami gangguan yang diantaranya disebabkan karena ketidak stabilan listrik pada sumber listrik anda.

pada artikel ini saya akan share tentang seubah cara bagaiaman mengecek power supply yang masih bagus atau tidak tanpa perlu kita memasangnya ke PC. bagaimana langkah atau cara-caranya??. Ok Langsung saja silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:


- Silahkan anda siapkan Power Supply yang Akan anda check.
- Kedua, Siapkan kabel yang kira sepanjang 10 Cm jumper untuk menghubungkan Pin Socket
- Ketiga, Sambungkan Kabel Power ke listrik
- Keempat, Ambil  Socket Power Supply yang telah kita siapkan tadi ATX yang memiliki 20 pin
- Kelima, Cari Kabel yang berwarna Hijau (PS On), dan untuk menghidupkan nya, hubungkan pin kabel berwarna hijau tadi dengan jumper ke pin kabel berwarna hitan (Ground)
- Yang terakhir, perhatikan pada bagian Kipas Power Supply, jika berputar dengan Normal berarti Power Supply keadaannya baik dan bisa digunakan.


Perhatikan contoh gambar berikut ini:




Cara di atas, hanya untuk mengetahui hidup atau tidaknya sebuah power supply dan bukan berarti power supply tersebut keadaan 100% baik bisa saja terkadang ketika anda sambungkan dengan mainboard Power Supply menjadi down dan tidak berfungsi. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Setup VB.Net Include Crystal Report

Cara Menghitung Jumlah Total Pada Kolom Yang Terdapat Di Datagridview

Kirim Peta, Catatan, dan Alarm dari PC ke Android dengan Google Search