Formula dan Fungsi Pada Excel
Formula adalah rumus yang dibuat sendiri dengan mengacu pada rumus matematika yang sesuai dalam menyelesaikan suatu masalah berkaitan dengan angka. Misalnya perhitungan untuk mendapatkan sebuah discount, standar nilai tertentu seperti Harga Barang dikalikan sepuluh dibagi seratus, Nilai dikalikan Bobot SKS, dan sebagainya.
Fungsi adalah formula yang telah disediakan oleh aplikasi Ms. Excel yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tertentu sesuai dengan kelompok penyelesaiannya. Misalnya Fungsi MIN, Fungsi MAX, Fungsi AVERAGE, Fungsi COUNT, Fungsi COUNTIF yang termasuk dalam kelomok fungsi STATISTIK. Penggunaan formula maupun fungsi harus direferensikan/menunjuk kedalam satu atau lebih alamat sel dimana data yang akan dihitung diberikan dan harus selalu didahului dengan tanda sama dengan (=). Berikut adalah beberapa fungsi statistik yang sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari :
• MIN: untuk mendapatkan nilai terendah dari beberapa kelompok (range) data
numerik. Syntax : =MIN(Number1;Number2;...)atau =MIN(RangeData)
• MAX : untuk mendapatkan nilai tertinggi dari beberapa kelompok (range) data
numerik. Syntax : =MAX(Number1;Number2;...)atau =MAX(RangeData)
• AVERAGE : untuk mendapatkan nilai rata-rata dari beberapa kelompok data
numerik. Syntax : =AVERAGE(Number1;Number2;...)atau =AVERAGE(RangeData)
• COUNT : untuk menghitung banyaknya data numerik dalam sebuah kelompok
data. Syntax : =COUNT(Value1;Value2;...)atau =COUNT(RangeData)
• COUNTIF : untuk menghitung banyaknya data numerik dalam sebuah kelompok
data berdasarkan kriteria tertentu. Syntax : =COUNTIF(RangeData;Criteria) Penentuan Number, Value, RangeData ataupun Criteria dilakukan dengan menunjukan alamat sel dari data yang akan diolah atau dihitung sama seperti dalam membuat formula.
Contoh Formula : =A1 * 20/100
=(A2 + B2 + C2) * D2
Contoh Fungsi : =MIN(22;11;40;33;20;19)
=MIN(A1:C20)
Comments
Post a Comment
Tinggalkan Komentar