Trik Menampilkan Data Dari Database Ke Datagridview

Kali ini saya akan membagikan sebuah trik untuk para mereka yang sedang belajar visual basic.net, trik itu adalah cara menampilkan data dari table yang terdapat pada database kedalam datagridview di vb.net. berikut langkah nya:
1. Contoh kasus disini saya akan menggunakan table pertugas yang telah saya buat pada database mysql.
2. Desainlah Form Seperti Berikut ini:
3. Setelah itu pada event form load ketikan kode berikut ini:
   Private Sub Petugas_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
      Try 'Block program yang akan dijalankan
            strsql = "select * from Petugas"
            conndb() 'Kode membuka koneksi
            cmd = New MySqlCommand(strsql, conn)
            dr = cmd.ExecuteReader(CommandBehavior.CloseConnection)
            dgv.Rows.Clear()
            Do While dr.Read = True
                dgv.Rows.Add(dr(0), dr(1), dr(2))
            Loop
        Catch ex As Exception   'Block yang akan dijalankan jika terjadi kesahalan
            MsgBox(ex.Message)
        Finally
            cmd.Dispose()
            conn.Close() 'menutup koneksi
        End Try 'menutup bloc
    End Sub
4. Kemudian jalankan Program, jika berhasil akan tampil seperti berikut ini:


Demikianlah cara Trik Menampilkan Data Dari Database Ke Datagridview pada vb.net, jika anda tidak bisa mengikuti langkah-langkah pada artikel ini saya mohon maaf karena saya membuat artikel ini telalu singkat, namun jika anda mempunyai keluhan seputar program visual basic.net anda bisa menginggalkan komentar dan saya berusaha akan membalasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Setup VB.Net Include Crystal Report

Cara Menghitung Jumlah Total Pada Kolom Yang Terdapat Di Datagridview

Kirim Peta, Catatan, dan Alarm dari PC ke Android dengan Google Search